Setting Akurasi GPS

Bagi Jurus Mengatur GPS supaya Akurat agar tidak tersesat

Diposting pada

 

Kehadiran teknologi sungguh membantu manusia, sebagai pendamping segala aktifitasnya.  Terlebih aktifitas berpindah tempat.  Menyingguh perpindahan tempat, kita pasti akrap dengan teknologi Smartphone. Di dalamnya biasa terisi segala macam aplikasi, urusan menentukan lokasi, pasti  Aplikasi yang bernama Global Positioning System atau GPS pilihannya.

GPS sangat membantu. Secara keseluruhan jarak dan kondisi posisi , tujuan  divisualkan. Namun, coba cek beberapa penelusuran tentang GPS di mesin pencari google, ada berita bertebaran, GPS bisa buat kita tersesat, loh… !
Nah, wajar jika GPS bisa buat kita tersesat, ada beberapa hal penting yang harus kita cek. Coba lah, sebelum melangsungkan perjalanan menggunakan Aplikasi pengarah GPS, jelihlah memerikasa, hardware (Perangkatnya),  lihat cuaca, dan periksa Software (Aplikasinya) . Ketiga hal tersebut bisa buat error system GPS-mu. Sebelum kamu melangkah, melangsungkan perjalanan, telitilah akan cara  Mengatur GPS supaya Akurat  agar  tidak membuatmu tersesat.

1. Uji Akurasi Lokasimu

Jika benar smartphonemu menuju lokasi akurat, coba lah terlebih dahulu uji Akurasi Lokasimu saat itu. Dan targetkan ke lokasi terdekat. Loihat, apa benar akurat atau tidak. Jika akurat, bagus lah, Dan kalua tidak, coba lakukan settingan persis di bawah ini.
Untuk mengetahui seberapa akurat smartphone adalah dengan mengecek lokasi kamu, dengan membuka aplikasi GPS seperti Google Maps atau aplikasi peta lainnya, lihat apakah smartphone kamu menunjukkan lokasi yang tepat atau tidak. Jika benar, maka smartphone kamu sudah menunjukkan lokasi yang akurat, namun jika tidak kamu bisa mencoba cara lain di bawah ini.

2. Aktifkan “High Accuracy” pada Setelan Lokasi

Ketika Opsi High Accuracy dihidupkan, kamu dapat mengetahui dengan pasti, apakah GPS memang sudah akurat atau tidak. Mengaturnya, bisa dicari pada opsi lokasi bagian stelan. Boleh juga, search box dengan kata kunci lokasi atau location. Cara ini tergantung jenis smartphonemu, yah.Nah, setelah yakin sudah tersetting, coba ulangi Buka Google Maps  untuk membuktikan kalau GPS-mu memang sudah akurat, Jika belum,  coba cara mudah lainnya.

3. Cek setelan Kompas Smartphone Kamu

Agar posisi kompas Smartphonmu akurat,  kamu hanya butuh aplikasi kompas yang dapat di-download di Google Play Store, Pilih salah satu aplikasinya di bawah ini.GPS Status & ToolboxGPS Status & Toolbox 7.2.149Networking by MobiWIA – EclipSimDownload Google PlaySelesai memilih salah satu aplikasi di atas, segera downloadlah, dan install. Setelah itu, buka aplikasi hasi instalan di smartphonemu, maka, GPS-mu akan terbantu mencari satelit terdekat.Sekarang kamu perlu mengkalibrasi kompas. Caranya, sentuh layar dan dan klik hamburger menu di kiri atas layar. Klik “Compass Calibration” dan ikuti petunjuknya. Nah, sekarang kompas kamu harusnya sudah menunjukkan lokasi yang tepat.
4. Kalau hasil settingan kurang maksimal dan akurat, segera Refresh GPS Kamu
Kalau cara-cara tadi masih gagal dalam meningkatkan akurasi GPS kamu, coba refresh data GPS kamu. Dengan menggunakan aplikasi yang sama, klik hamburger menu dan pilih “diagnose sensor” lalu “GPS sensors”. Lalu akan muncul pop up dan klik “reset” untuk membersihkan data cache GPS mulai dari awal.
Harusnya, smartphone kamu dapat mengunci satelit lebih cepat dan lokasi kamu lebih akurat. Buka Google Maps lagi untuk membuktikan apakah GPS kamu sudah sangat akurat.  Ok.  Demikian artikel Bagi Jurus Mengatur GPS supaya Akurat  agar  kamu tidak tersesat.

Sumber : Jalantikus