Jurus pamungkas agar selalu bahagia setiap saat

Diposting pada

 

Setiap orang pasti ingin merasa bahagia. Tapi dengan kenyataan hidup yang tidak selalu sesuai dengan harapan, tentunya dapat membuat kita tidak selalu merasa bahagia di setiap waktu. Untuk itulah kali ini bagijurus bakalan share jurus pamungkas agar kamu selalu merasa bahagia setiap saat. Sekedar tambahan Jurus ini diramu oleh seorang guru yang bernama Gen Kelsang Nyema.

Sebelum kita masuk ke jurus pamungkasnya, jawab dulu pertanyaan-pertanyaan berikut ya?

  1. Apakah kamu bahagia?
  2. Kenapa ?
  3. Besok dan seterusnya apakah kamu mau bahagia?

Gimana? Udah dijawab belum? Pertanyaan di atas mudah bukan?. Nah mari kita bahas jawaban-jawaban kamu. Untuk pertanyaan pertama mungkin sebagian dari kalian ada yang menjawab ya ada juga yang tidak. Selanjutnya apakah alasan kamu merasa bahagia atau tidak bahagia? Jawaban kamu pada pertanyaan kedua ini, akan sangat menentukan kepada terwujudnya jawaban kamu apda pertanyaan ketiga.

Karena yang pasti jawaban kamu untuk pertanyaan ketiga adalah ya. Siapa juga sih yang punya keinginan untuk tidak bahagia esok hari?. Kembali ke jawaban pada pertanyaan kedua. Cobalah kamu perhatikan jawaban kamu. Apakah semuanya merupakan hal-hal yang bersifat eksternal? Atau kata lainnya diluar dari diri kamu.

Seperti saya bahagia karena punya uang, saya bahagia karena punya orang tua yang baik, saya bahagia karena cuaca hari ini cerah, saya bahagia karena pasangan saya romantis, saya bahagia karena mendapat nilai yang baik di kelas, dan lain-lain. Jika kesemua alasan kamu merasa bahagia saat ini adalah hal-hal yang berasal dari luar, maka dapat dipastikan kamu gak bakalan bahagia disetiap waktu. Jadi gimana dong kalau begitu?

Geshe Kelsang gyatso seorang guru meditasi dan juga penulis pernah berkata “Di setiap waktu, pikiran kita bagaikan balon di udara terbang kesana-kemari tertiup oleh keadaan eksternal”. Pernah merasain seperti itu gak?. saat semuanya terjadi sesuai harapan kamu merasa bahagia, tapi saat semuanya terjadi di luar harapan, sekejap kamu merasa tidak bahagia.

Agar kamu bisa tetap merasa bahagia setiap waktu lakukanlah dua hal ini:

  1. Jangan gantungkan kebahagiaanmu kepada keadaan

Mulai sekarang, berhentilah merasa bahagia karena orang lain ataupun kedaan. Dan jangan sekali-kali menyalahkan sekitarmu jika kamu merasa tidak bahagia. Karena jika kamu seperti itu maka kebahagiaanmu tidak akan pernah stabil dan hanya akan menjadi kebahagiaan semu belaka. Kamu gak bakalan mungkin bisa mengendalikan cuaca kan? Jadi kenapa kamu harus marah-marah jika hujan menghalangi aktivitasmu?.

  1. Mengolah sumber kebahagiaan yang sebenarnya

Kamu harus bisa mengolah secara aktif, sumber kebahagiaanmu yang sebenarnya. Ketahuilah bahwa sumber kebahagiaan yang sebenarnya berasal dari pikiran kita. Untuk itu penyebab dari kebahagiaan tidak bisa ditemukan diluar pikiran kita. Jika kita memiliki pikiran yang positif kita akan tetap merasa bahagia tanpa perlu memperhatikan orang lain dan keadaan disekitar kita. Sebaliknya jika kita memiliki pikiran yang negatif, sebaik apapun keadaan dan orang-orang disekitar kita, maka kita tetap akan merasa tidak bahagia.

Dengan kata lain, bukanlah apa yang terjadi yang membuat kita merasa bahagia atau tidak, melainkan bagaimana cara kita merespon terhadap apa yang terjadi yang menentukan kita bahagia atau tidak. Disinilah meditasi sangat diperlukan. Karena dengan meditasi kamu dapat mempertahankan pikiranmu dalam frekuensi yang positif.

  1. Bersikap lembutlah kepada dirimu sendiri

Tidak perlu depresi, sayangi dirimu sendiri. Kamu masih punya kesempatan untuk memperbaiki semuanya kok. Apa buktinya? Buktinya kamu masih bernapas saat ini bukan?. Selama kamu masih bisa bernapas, itu artinya selalu ada kesempatan kedua untuk kamu. Jadi jangan sampai terlalu depresi sampai menyakiti diri sendiri.

Ingat sumber kebahagiaan adalah pikiran kita, jadi jangan terlalu memberi beban kepada pikiranmu sendiri. Jika kamu memiliki sejarah hidup yang kelam, sudah saatnya kamu berdamai dengan dirimu sendiri. Karena masa lalu tidak akan pernah mempengaruhi masa depan. Satu-satunya yang dapat mempengaruhi masa depan adalah saat ini. Jadi tidak usah lagi terbebani dengan masa lalu ya?